Senin, 02 Juni 2014

Tugas 4

Aplikasi Pengenalan Not Balok

1.1.      Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi berkembang sangat pesat pada saat ini . Latar belakang akan kebutuhan teknologi informasi bisa berbagai macam, mulai dari sekedar hiburan, pendidikan, hingga kepentingan bisnis. Salah satu contoh dari teknologi informasi adalah smartphone atau lebih dikenal dengan ponsel pintar. Selain sebagai alat telekomunikasi, smartphone juga dapat digunakan sebagai alat dalam mempermudah pekerjaan, proses pembelajaran, dan lain sebagainya dengan menggunakan aplikasi tertentu. Sifatnya yang mudah dibawa kemana saja (portable) dan ukurannya yang lebih kecil memudahkan pemakai menggunakannya. Android merupakan system operasi untuk smartphone yang dikembangkan Google. Keunggulan Android yang bersifat open source dan dapat dikembangkan sendiri melatar belakangi perkembangan android yang semakin pesat dan popular.
Musik merupakan salah satu hiburan penting yang harus di sukai oleh setiap manusia. Karena dengan mempelajari atau mendengarkan musik dapat berguna untuk menghilangkan kejenuhan dan bahkan dapat menghasilkan uang. Saat ini pemusik yang khususnya memainkan instrumen gitar masih membutuhkan wawasan dan pengetahuan dasar yang luas terutama bagi pemula agar dapat memahami gitar lebih baik untuk masa yang akan datang.
Dengan mengikuti perkembangan teknologi mobile saat ini yang memiliki dan menyediakan informasi dalam berbagai macam aplikasi serta fasilitas, maka penulis bermaksud membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu gitaris untuk mendapatkan pemahaman mengenai gitar fretboard dan not balok yang termediasasi secara digital. Penulisan ini diberi judul “Aplikasi Pembelajran Gitar Fretboard dan Not Balok dengan menggunakan Android 2.3” dimana aplikasi ini menggunakan eclipse yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

1.2.      Batasan Masalah
            Dalam Penulisan Ilmiah ini, penulis hanya membatasi masalah tentang proses pembuatan pada aplikasi pembelajaran gitar fretboard dan Not Balok berbasi Android versi 2.3. dimana dalam aplikasi yang dibuat ini hanya tersedia pengenalan gitar, gitar fretboard, not balok dan terdapat soal-soal latihan.

1.3.      Tujuan Penulisan
           Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk membantu memudahkan gitaris memahami gitar fretboard dan not balok, sehingga mempermudah proses penyesuaian tangga nada, chord, improvisasi yang lebih baik.

            1.4.       Metode Penelitian
             Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan 4 metode, yaitu :
1.  Melakukan studi pustaka merupakan tahap perencanaan mengetahui pokok bahasan materi dengan mencari data-data yang akan digunakan dan mempelajari buku-buku atau petunjuk yang berguna dan relevan. Serta ada pula   pembelajaran yang bersumber dari media internet.
2. Melakukan perencanaan sistem yaitu melakukan perencanaan pembuatan aplikasi ini di smartphone   berbasis Android.
 3. Merancang tampilan dan alur program yang dibuat.

 4. Spesifikasi perangkat yang digunakan :

            Spesifikasi perangkat lunak (software) komputer yang digunakan sebagai berikut :
1.      Proccessor AMP C-50 1.00GHz.
2.      Kapasitas RAM sebesar  1 GB.

Sedangkan sepesifikasi perangkat lunak (software komputer yang digunakan sebagai berikut :
1.      Windows 7 Professional 32 bit.
2.      Android SDK Manager.
3.      Eclipse Standar Kepler Win 32.
4.      Java 2 SDK, Standard Editional Version 1.6.
5.      Adobe Photosop CS5.

Untuk menjalankan aplikasi ini pada smartphone Android spesifikasi minimal sebagai berikut :
1.      Processor 528 MHz ARM.
2.      RAM 192 MB.
3.      Android 2.3 GingerBread.
4.      13 MB storage dari internal / eksternal memory untuk APK aplikasi ini.


1.5.      Bibliografi

Adi Saputra. (2012). Penggunaan Musik dalam Pembelajaran diakses dalam http://adisaputrabtm.blogspot.com/2012/01/penggunaan-musik-dalam-pembelajaran.html pada tanggal 12 Maret 2012 15.45


Tidak ada komentar:

Posting Komentar